Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)
P5 adalah sistem pembelajaran atau ilmu dalam mengamati dan mendapatkan solusi terhadap permasalahan di sekitar menggunakan lima aspek utama yaitu:
- Potensi diri
- Pemberdayaan diri
- Peningkatan diri
- Pemahaman diri
- Peran sosial
P5 Kurikulum Merdeka menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan mengedepankan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.Kurikulum ini bertujuan untuk memberikan kebebasan dan kemandirian pada siswa dalam menentukan pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing siswa.
Apalagi jika dilihat selama ini kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia masih terfokus pada penguasaan materi dan prestasi akademik saja, sehingga potensi pengembangan minat bakat siswa menjadi berkurang.
Dengan adanya penerapan kurikulum merdeka P5 ini diharapkan bisa memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan potensi mereka secara lebih bebas dan kreatif, atau bahakan bisa mempersiapkan mereka menjadi individu yang lebih mandiri dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat.
Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMP Negeri 3 Kota Bima sudah mulai berjalan dengan baik. Kurikulum merdeka mulai diterapkan di kelas VII sejak tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan untuk kelas VIII dan IX, kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013. Salah satu ciri khas atau inti dari konten kurikulum merdeka adalah pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Untuk pelaksanaan kegiatan P5 ini, siswa yang dilibatkan bukan hanya kelas VII, akan tetapi ikut diimbaskan juga kepada kelas VIII dan IX.
Tema yang diambil untuk P5 di SMP Negeri 3 Kota Bima adalah Kearifan Lokal dan dilaksanakan dalam rentang waktu 6 bulan. Sistem penjadwalannya sendiri adalah dengan menggunakan sistem Blok mingguan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam tema Kearifan Lokal diantaranya :
- Siswa turun langsung ke usaha rumahan sekitar sekolah yaitu Pengolahan air lontar menjadi MANISA
2. Kegiatan ayaman bambu menggunakan kertas buffalo
3.
3. Membumikan Alqur'an melalui tutor sebaya.
4. Kegiatan menghias dan merawat kelas
5. Mengenang sejarah perjuangan bangsa Indonesia melalui menonton video dokumenter bersama
Kegiatan P5 yang kami lakukan ini mudah mudah menjadikan siswa kami pribadi yang ulet dan tangguh serta menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila ujar Wakasek Kurikulum " Bapak Drs. Y.M. Khaldun. profil pelajar Pancasila ini dilakukan oleh seluruh guru yang mengampuh pada kelas VII dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar. beliau menambahkan juga bahwa perlu adanya kerjasama semua pihak dalam implementasi Kurikulum Merdeka ini sehingga tujuan yang akan dicapai menjadi jelas. dan hasil dari P5 ini akan kami pamerkan melalui panen hasil karya siswa P5 menjelang akhir semester.