Kegiatan P5 " Kearifan Lokal" ke Museum ASI Mbojo

Prinsip P5 Kurikulum Merdeka

Dalam penerapan P5 Kurikulum Merdeka, terdapat empat prinsip penting. Penjelasannya adalah sebagai berikut:


1. Holistik

Holistik berarti melihat sesuatu dengan menyeluruh dan utuh serta tidak parsial atau terpisah-pisah. Dalam P5, cara berpikir holistik ini berguna dalam menelaah sebuah tema secara utuh dan melihat isu secara lebih dalam.


2. Kontekstual

Prinsip kontekstual ini mendorong guru dan pelajar untuk menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran. Dengan prinsip ini, pelajar diharapkan bisa mengeksplorasi berbagai hal di luar lingkup satuan pendidikan.


3. Berfokus pada Peserta Didik

Prinsip ini artinya berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran sehingga diharapkan dapat mendorong pelajar menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri.


4. Eksploratif

Eksploratif berkaitan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses inkuiri dan pengembangan diri. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata pelajaran.


Kegiatan P5 kali ini adalah mengangkat tema Kearifan Lokal. dimana tema ini diambil karena untuk mengingat sejarah sekaligus perjuangan kesultanan Bima dalam mempertahankan kemerdekaan. siswa SMP Negeri 3 Kota Bima berkunjung ke ASI MBojo pada tanggal 21 Oktober 2023.


Menurut koordinator P5 M.Yusuf, S.Pd mengatakan bahwa “kegiatan di ASI Mbojo ini merupakan kegiatan P5 dalam rangka mengenang dan melacak sejarah Kesultanan Bima dalam mempertahankan kemerdekaan kegiatan P5 ini pun turut diikuti oleh semua guru mata pelajaran yang mengampu di kelas VII”


Siswa terlihat antusias mendengarkan arahan dari petugas Asi Mbojo. sambil melihat satu persatu Item peningggalan yang ada di Museum ASI Mbojo. rasa penasaranpun menghampiri salah seorang siswa yang bernama Ceria Oktaviani siswa SMP Negeri 3 Kota Bima kelas VII-b tentang keberadaan meriam yang ada di depan ASI mbojo. kunjungan ke museum tersebut di akhiri dengan foto bersama